Pentingnya metode UMMI dalam pembelajaran Alquran.

Foto untuk : Pentingnya metode UMMI dalam pembelajaran Alquran.

Kata ummi berasal dari bahasa arab “ummun” yang bermakna ibuku dengan penambahan “ya mutakallim”. Pemilihan nama Ummi dalam penamaan metode ini bermaksud untuk menghormati dan mengingat jasa ibu. Tiada orang yang paling berjasa pada kita semua kecuali orang tua kita terutama Ibu. Ibulah yang mengajarkan banyak hal pada kita dan orang yang sukses mengajarkan bahasa di dunia ini adalah ibu. Sehingga karena itulah pendekatan yang digunakan dalam metode ini adalah pendekatan bahasa ibu.

Dengan alasan tersebutlah, Sekolah Bintang Madani memilih metode UMMI sebagai metode yang digunakan dalam pembelajaran Alqurannya. Karena dengan menggunakan metode ini, siswa/i didekati dengan 3 strategi pendekatan, Adapun 3 Startegi pendakatan Bahasa Ibu nya sebagai berikut :

  • Direct Method (Langsung)
    Yaitu langsung dibaca tanpa dieja/diurai atau tidak banyak penjelasan. Atau dengan kata lain learning by doing, belajar dengan melakukan secara langsung.
  • Repetition (Diulang-Ulang)
    Bacaan Al Quran akan semakin kelihatan keindahan, kekuatan, dan kemudahannya ketika kita mengulang-ulang ayat atau surat dalam Al Quran. Begitu pula seorang ibu dalam mengajarkan bahasa kepada anaknya. Kekuatan, keindahan, dan kemudahannya juga dengan mengulang-ulang kata atau kalimat dalam situasi dan kondisi yang berbeda-beda.
  • Affection (Kasih Sayang Yang Tulus)
    Kekuatan cinta, kasih sayang yang tulus, dan kesabaran seorang ibu dalam mendidik anak adalah kunci kesuksesannya. Demikian juga seorang guru yang mengajar Al Quran jika ingin sukses hendaknya meneladani seorang ibu agar guru juga dapat menyentuh hati siswa mereka.

Sekolah Bintang Madani berkomitmen untuk melahirkan peserta didik yang cerdas Alquran, cerdas akademiknya, serta mandiri dalam bersikap dan bertindak. Karenanya, Sekolah Bintang Madani begitu fokus untuk mendidik peserta didik untuk dapat tartil dan gemar membaca Alquran.